Analisis Durasi, Akumulasi Dan Perputaran Parkir Pada Salah Satu Pusat Perbelanjaan Di kota Bandung

  • Pradhana Wahyu Nariendra Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia
Keywords: Akumulasi Parkir, Perputaran Parkir

Abstract

Dalam tiga tahun terakhir ini kota-kota besar di Indonesia dibanjiri oleh pusat perbelanjaan modern, pusat belanja ini tidak hanya dibangun di kawasan-kawasan pusat bisnis di tengah kota, tetapi telah merebak ke pemukiman-pemukiman skala kota yang tersebar di sekitarnya. Namun timbul suatu permasalahan yang dihadapi para pengelola pusat perbelanjaan tersebut yakni masalah ruang parkir. Minimnya ruang parkir yang tersedia, akan membuat pengunjung yang membawa kendaraan bermotor sulit mendapatkan tempat parkir, terlebih pada waktu weekend (hari libur) dan waktu jam puncak. Oleh karena itu, sangat diperlukan suatu solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut agar  diperoleh ruang parkir yang  teratur dan nyaman.

Dalam penelitian ini, pusat perbelanjaan Mall Paris Van Java, Bandung dipilih untuk studi kasus. Survei dilakukan untuk mengetahui kemampuan ruang parkir dalam melayani jumlah kendaraan yang parkir di Mall Paris Van Java. Survei dilaksanakan pada hari Sabtu, 19 Januari 2013, karena dianggap sebagai waktu weekend (hari libur) dimana biasanya jumlah pengunjung yang datang cukup banyak dan hari Rabu, 23 Januari 2013 sebagai hari pembanding yang merupakan waktu weekday (hari kerja). Data yang diambil adalah pencacahan jumlah kendaraan yang masuk dan keluar area parkir pada suatu interval waktu tertentu serta pencatatan nomor kendaraan pada waktu masuk dan keluar untuk mengetahui durasi parkir kendaraan tersebut.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, terhadap perbandingan hari libur dengan hari kerja dalam hal karakteristik parkir, maka pada hari libur terjadi kinerja maksimum yang ditandai dengan meningkatnya jumlah akumulasi parkir serta perputaran parkir (turn over parking) kendaraan. Jadi beberapa hasil dapat diambil antara lain: dari kapasitas ruang parkir yang tersedia Mall Paris Van Java sebanyak 1300 kendaraan, akumulasi maksimum sebesar 1433 – 1504 kendaraan pada hari libur dan 1329 – 1352 kendaraan pada hari kerja; durasi parkir paling banyak adalah selama interval waktu 60 – 120 menit pada hari libur dan interval waktu 30 – 90 menit pada hari kerja; tingkat turnover parkir untuk kendaraan roda empat berkisar 6 kali per hari pada waktu weekend (hari libur) dan 3 kali per hari pada waktu weekday (hari kerja). 

Dari hasil penelitian yang dilakukan didapatkan kesimpulan bahwa ruang parkir yang tersedia saat ini dirasakan masih kurang untuk melayani jumlah kendaraan yang datang, terutama pada waktu weekend (hari libur). Akumulasi maksimum kendaraan dapat diatasi dengan mengurangi durasi parkir yang diterapkan  dengan cara menaikkan tarif parkir per jamnya.

Published
2016-05-02
How to Cite
Nariendra, P. (2016). Analisis Durasi, Akumulasi Dan Perputaran Parkir Pada Salah Satu Pusat Perbelanjaan Di kota Bandung. JURNAL MANAJEMEN LOGISTIK DAN TRANSPORTASI, 2(2), 1-12. Retrieved from https://juna.stimlog.ac.id/index.php/stimlog/article/view/26