ANALISIS RUTE DELIVERY (ANTARAN) PADA PERUSAHAAN JASA KURIR DI KOTA BANDUNG

Authors

  • Pradhana Wahyu Nariendra Program Studi Manajemen Transportasi, Sekolah Tinggi Manajemen Logistik

Abstract

Perkembangan pasar e-commerce di Indonesia pada beberapa tahun terakhir ini menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Bisnis dengan sistem online yang terus berkembang mendorong para pengusaha jasa pengiriman barang saling berlomba untuk mendapatkan pangsa pasar yang besar. PT. Pos Indonesia merupakan salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di jasa kurir terbesar dan tertua di Indonesia. Namun pada kenyataannya, PT. Pos Indonesia kalah bersaing dengan jasa ekspedisi swasta lainnya. Permasalahan distribusi pada jaringan transportasi PT. Pos Indonesia merupakan permasalahan penting dalam menunjang pengiriman barang yang cepat sampai ke konsumen. Pada penelitian ini yang menjadi fokus penelitian adalah pada proses delivery (antaran) dari Distribution Centre Cipedes ke alamat konsumen yang dapat diformulasikan dengan menggunakan Vehicle Routing Problem yaitu Metode Saving Matrix. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil, yaitu jumlah rute/kendaraan adalah sebesar 30 rute/kendaraan pada kondisi eksisting dan 18 rute/kendaraan pada rute usulan. Total jarak tempuh adalah 535,8 km/hari pada kondisi eksisting dan 266,7 km/hari pada rute usulan. Total waktu pelayanan adalah 6.023 menit/hari pada kondisi eksisting dan 5.440 menit/hari pada rute usulan. Sedangkan penghematan biaya transportasi apabila menggunakan rute usulan adalah sebesar Rp1.233.926,-/hari.

Published

2022-11-16

How to Cite

Nariendra, P. W. (2022). ANALISIS RUTE DELIVERY (ANTARAN) PADA PERUSAHAAN JASA KURIR DI KOTA BANDUNG. JURNAL MANAJEMEN LOGISTIK DAN TRANSPORTASI, 6(2). Retrieved from https://juna.stimlog.ac.id/index.php/stimlog/article/view/70